Rabu, 12 November 2014

Manajemen Informatika - Perencanaan tujuan





Manajemen Umum

Nama : Aditya Dwi Nugraha
Kelas : 1DB02
NPM : 30114293







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Maka kami tergerak membuat kuliner.
Secara peribadi kami membangun usaha di karenakan kesukaan kami mengkonsumsi olahan buah-buahan, maka kami memutuskan untuk membuat olahan tempe.
Banyak aktivitas yang di jalani setiap orang perharinya dengan aktivitas yang semakin padat dan panasnya di Indonesia membuat banyak orang membutuhkan asupan makan dan minum yang bermanfaat untuk kesehatan untuk kesehatan tubuh. Makanan dan minuman yang sudah di pasaran memang sudah beragam.
Maka dari itu kami membuat “Tempe” sebagai salah satu makanan pokok dengan kualitas bagus, nikmat, sehat, dan lezat serta di jual dengan harga yang cukup terjangkau

BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1VISI DAN MISI
VISI
                Menjadikan perusahaan kuliner yang lebih mementingkan nilai gizi untuk asupan para konsumen
MISI
1.       Menciptakan makanan sehat, begizi dan lebih mementingkan kehigenisan
2.       Memberikan harga yang cukup terjangkau kepada konsumen untuk mendapatkan asupan yang sehat dan bergizi
3.       Menciptakan Inovasi baru dalam bidang kuliner





2.2IDENTIVIKASI USAHA
·         Nama Usaha              :  PT.Tempe Usaha
·         Pemilik Usaha           :  Aditya Dwi Nugraha
·         Alamat Usaha            :  JL. Kebagusan City
·         Contac Person          :  083871338700

2.3RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha rumah kecil, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk ini yang kami produksi dapat di nikmati oleh semua kalangan.
                Tujuan Usaha :
1.       Mendapatkan penghasilan
2.       Memenuhi kebutuhan konsumen
3.       Menggali bakat dalam hal berbisnis
2.4RENCANA ORGANISASI
Manajemen       :               1 Orang
Produksi              :               3 Orang
Pemasaran         :               2 Orang
Keuangan            :               1 Orang
Dan tingkat pendidikan MIN Sekolah Menengah Atas











BAB III
ANALISIS USAHA
3.1ANALISIS USAHA
Usaha kami bergerak dalam bidang makanan pokok karena kami termasuk orang yang hobi dalam usaha, karena di Indonesia Buah-buahan bisa kita jumpai dengan mudah dan banyak orang yang menyukai tempe karena vitamin dan nilai gizi yang sangat cukup.


3.2MODAL USAHA
                        Modal Usaha kami berjumlah Rp.7.500.000 yang berasal dari modal sendiri

3.3KEISTIMEWAAN PRODUK
·         Harga cukup terjangkau untuk semua kalangan
·         Sajian makanan yang pokok
·         Hidangan cepat saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil maupun orang dewasa


BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

4.1JENIS USAHA
Kami menjual makanan pokok berjenis tempe, yang  terjangkau harganya dan lumayan untuk makan sehari hari.

4.2PROSPEK USAHA
Prospek perusahaan kami untuk jangka panjang akan memperkenalkan produk kami ke wilayah yang lebih luas seperti di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sehingga akan banyak masyarakat yang mengetahui produk yang kami hasilkan dan juga kami mengusahakan agar produk kami bisa lebih dikenal lagi diluar daerah Jakarta.


BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target produksi kami dalam jangka 1 hari sebesar 500 lembar tempe

4.3BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA
Bahan-bahan untuk membuat Tempe    :
·         Kacang Kedelai
·         Ragi kedelai
·         Air
Alat Untuk Membuat                                                     :
·         Panci
·         Kompor Gas
·         Gas
·         Ember


Cara Pembuatan Tempe                                                               :
Cara Membuat Tempe atau Resep Membuat Tempe:
1. Cuci kacang kedelai lalu rendam selama 24jam.
2.Kacang kedelai akan mengembang.
3.Setelah kacang mengembang,kupaslah kacang kedelai dari   
4.Setelah kacang bersih,tuagkan kacang ke panci dan beri air                                                                                                   secukupnya. Lalu,rebus selama 30 menit.
5.Setelah direbus selama 30menit,buanglah aair yang ada dalam panci tersebut. Proses ini digunakan untuk mengeringkan kacang tersebut.
6.Tuangkan kacang ke wadah yang lainnya. Lalu tuangkan ragi kedalamnya. Aduk hingga merata.
7.Setelah merata,pindahkan kacang kedelai kedalam plastik.
8.Tutup plastik dengan rapat(dapat dilakukan dengan mengelas api lilin.
9.Simpan kacang kedelai ditempat yang hangat.
10 Lalu tunggu selama 2 hari.
11 Setelah 2 hari,tempe sudah jadi dan siap untuk diolah menjadi masakan yang lezat dan sesuai   dengan selera kita.
Bahan-bahan untuk membuat tempe:
Kacang kedelai 1kg(sesuai yg dibutuhkan) dan ragi tempe 2gram.


BAB VI
RENCANA PERMODALAN

6.1MODAL USAHA
Modal Usaha  Mandiri                    :               Rp.7.500.000
                        6.2PENENTUAN HARGA PRODUKSI
Biaya baku                                          :               Rp.1.000.000,-
Biaya Peolong                                    :               Rp.    350.000,-
Total Biaya Produksi                       :               Rp.1.350.000,-
Biaya ADM                                          :               Rp.      10.000,-
Biaya Cetak Laporan                       :               Rp.        4.000,-
Biaya Cetak Brosure                        :               Rp.      40.000,-
Total Biaya Oprasional                  :               Rp.     44.000,-

                Harga Pokok Produksi Tempe adalah      :
J-FIC2    :               (Rp.1.350.000 + Rp. 44.000)/400Potong = Rp.4413

6.3PENENTUAN HARGA JUAL
Harga pokok produksi Tempe adalah
Rp.1.350.000,- laba yang kami harapkan Rp.4587,-
Sehingga harga jual  Tempe perpotong adalah Rp.9000







BAB VII
RENCANA PEMASARAN

7.1ANALISIS PERSAINGAN USAHA
SWOT
A.    STRENGTH
·         Bahan bakunya mudah di temukan
·         Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
B.    WEAKNESS
·         tahan lama dan tidak mudah basi
C.     OPPORTUNITIES
·         Banyak di sukai banyak kalangan
D.    THREATS
·         Selera Konsumen Variatif
·         Munculnya Pesaing baru
·         Adanya Jenis Miuman yang sama
7.2ANALISIS 4P
1.     PRODUCT
·         Type                              :
·         Brand                            :
·         Quality                          :
·         Packing                         :
2.     PRICE
·         Price List                      :               Rp.9.000,-/Potong
3.     PROMOTION
·         Advertising                 :               menggunakan media jejaring sosial
·         Sales Promotion       :               mempromosikan penjualan kepada
konsumen
·         Personal Selling        :               menjual kepadang penjual secara
langsung
4.     PLACE
·        Berlokasi di wilayah perumahan Sentul City 3 dan di pinggir Jalan


BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI

9.1 RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1.  Harga bahan bahan yang selalu mengalami turun dan naik
2.  Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3.  Tidak tercapainya terget produksi
4.  Adanya buah yang terlalu matang

9.2 ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.  Memiliki tempat langganan untuk membeli barang pokok
2.  Selalu memberi Citarasa terbaik
3.  Memeriksa sebelum membeli
4.  Setiap hari di lakukannya  penulisan data penjualan



BAB IX
PENGEMBANGAN USAHA
Sebagian besar sudah banyak cabang yang sudah tersebar ke seluruh jakarta, itu sangat banyak perubahan atas cabang yang behasil saya buat,





BAB X
KESIMPULAN
Semua usaha banyak di mulai dari bawah, semakin kita bekerja keras semkain besar kemungkinan kita banyak laba/untung yang kita peroleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar